AKSI NYATA PEMBERDAYAAN WANITA NELAYAN DI DESA SOROPIA OLEH FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS HALU OLEO BERSAMA PEMERINTAH DESA SOROPIA

  • Jul 08, 2024
  • Desa Soropia

 

Soropia (06/07/2024). Universitas Halu Oleo Bersama Pemerintah Desa Soropia menyelenggarakan AKSI NYATA Pemberdayaan Wanita Nelayan, Hal ini merupakan bentuk Pengabdian Masyarakat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo Kendari.

 

Adapun Jenis Aksi Nyata tersebut ialah Olahan “SAMBAL IKAN TUNA ASAP” Peserta Pelatihan Aksi Nyata ini adalah Mayoritas Ibu-Ibu Nelayan Desa Soropia, dimana Olahan Sambal tersebut Berbasis Ikan Tuna Asap, Cabe Rawit, Cabe Keriting, Cabe Merah, Bawang Merah dan Putih, Gula Merah, Garam, Terasi, Penyedap, Tomat/Perasan Jeruk, Minyak Kelapa. Adapun Prosesnya yaitu semua bahan dasar sambal dihaluskan dan dicampur hingga homogen. Selanjutnya dilakukan penggorengan sehingga minyak dan padatan sambal kelihatan terpisah. Ikan Tuna Asap digoreng hingga berwarna agak kecoklaatan. Selanjutnya dilakukan pencampuran kedua bahan tersebut digoreng kembali sambil diaduk hingga keliatan homogen. Penggorengan selalu dilakukan menggunakan api sedang, sambal ikan tuna asap selanjutnya didinginkan dan dimasukan dalam wadah/dikemas dalam botol kaca/plastik.

 

Sambal sendiri merupakan pelengkap dan penyerta hidangan (kondimen) wajib dalam tradisi makan orang Indonesia. Selain disukai berbagai kalangan, makan ini dikonsumsi dengan intens yang cukup sering.

 

“Tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan baik bagi ibu rumah tangga khususnya wanita nelayan desa soropia, agar ada kegiatan lain selain mengurus rumah tangga khusunya. Ada sampingan begituee” Ucap salah seorang Peserta Kegiatan tersebut.

 

Pemerintah Desa Juga Berharap kegiatan ini dalam menjadi awal dan dapat selalu dilakukan wanita nelayan Desa Soropia sehingga cenderung aktif terkhususnya Ibu-Ibu Nelayan desa soropia. Harapan Besar tentunya kegiatan ini akan berlanjut dengan materi baru dan lebih fress Kedepannya.