PEMERINTAH DESA SOROPIA BEKERJA SAMA UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI MENGADAKAN SOSIALISASI BUDI DAYA UDANG VANAME MELALUI SISTEM BIOFLOK

  • Jul 07, 2024
  • Desa Soropia

Soropia (06/07/2024).  Pemerintah Desa Soropia bekerja sama Universitas Halu Oleo Kendari mengadakan Sosialisasi Budi Daya Udang Vaname melalui sistem Bioflok kepada Nelayan Desa Soropia ditengah makin sulitnya tangkapan ikan akibat Polusi Limba Pabrik dan perusahaan Tambang yang beroperasi di dekat perairan soropia.

Bioflok adalah sistem yang menumbuhkan mikroorganisme. Teknologi bioflok bisa dikatakan sebagai sistem budidaya terintegrasi, karena memanfaatkan simbiosis antara mikroorganisme dengan ikan sebagai komoditas utama budidaya.

Sementara itu Udang Vaname menjadi Komoditas Andalan dan menjadi primadona pada sektor budi daya yang memiliki peminat cukup tinggi. Jika dimaksimalkan, komoditas udang vaname ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi semakin tinggi lagi ke depannya. 

“Tentunya yang diharapkan ini bukan menjadi sebatas Sosialisai saja, kiranya agar kedepannya nanti bisa melakukan praktik langsung budi daya udang tersebut, melalui kerja sama pemerintah daerah dan desa serta instansi yang terkait”. Ujar salah satu nelayan Desa Soropia.

Pemerintah Desa juga mengharapkan Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih memahami tentang budidaya udang Vaname dengan Sistem Bioflok.