SOSIALIASI PENGGUNAAAN JENIS ALAT TANGKAP RAMAH LINGKUNGAN DIWILAYAH KECAMATAN SOROPIA OLEH FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS HALU OLEO BERSAMA PEMERINTAH DESA SOROPIA

  • Jul 07, 2024
  • Desa Soropia

Soropia (06/07/2024) Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan perikanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, meningkatkan kesadaran masyarakat dan nelayan akan menjaga pentingnya kelestarian wilayah laut, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang alat menangkap ikan ramah lingkungan dan yang dilarang, serta dengan tujuan Terwujudnya pemahaman dan kesadaran masyarakat bagaimana menjaga kelestarian ekosistem perairan dengan menggunakan alat tangkap ikan ramah lingkungan terutama di kawasan konservasi perairan. Kegiatan penangkapan ikan adalah salah satu upaya dalam memanfaatkan potensi perikanan. Praktik penangkapan ikan yang merusak seringkali didorong oleh banyaknya permintaan produk perikanan tertentu di pasaran, khususnya ikan hidup.

Adapun kriteria alat tangkap ramah lingkungan yaitu :

  1. Mempunyai Selektifitas yang tinggi
  2. Tidak merusak habitat, tempat tinggal dan berkembang biak ikan dan organisme lain
  3. Menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi
  4. Tidak membahayakan nelayan
  5. Produksi tidak membahayakan nelayan
  6. By-catch rendah
  7. Dampak ke anekaragaman hayati
  8. Tidak menangkap ikan yang dilindungi
  9. Dapat diterima secara sosial

Pemerintah Desa Soropia Juga Mengingatkan Perlu adanya peran aktif pemerintah dan stakeholder lainnya terhadap pengawasan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Terkhususnya dipesisir Desa Soropia Akibat Perusahaan Tambang yang berakibat rusaknya habitat terumbu karang dan ekosistem laut lainnya.

Tak lupa Pula Pemerintah Desa Soropia berharap adanya kerja sama dengan Universitas Haluoleo FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN untuk bekerja sama dalam Pemeliharaan TERUMBU KARANG dan ekosistem laut lainnya yang semakin RUSAK Akibat Limbah Industri perusahaan diperairan Soropia.